3 Aug 2016


Para Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Right Issue BEKS yang sempat menjadi polemik itu akhirnya akan dilaksanakan juga sesuai prospektus yang telah dirilis yaitu dengan ratio 1000 : 3293 dengan harga Rp.18,35.  Hal ini ternyata disambut positif para investor sebagaimana dilihat dari kenaikan saham BEKS kemarin sebesar 19% dari Rp.93 menjadi Rp.111,-. dan bahkan sempat menyentuh harga Rp.120,-.

Dalam pelatihan Investor di Semarang tgl.30 dan 31 Juli kemarin  tentang Right saham BEKS ini secara khusus juga saya bahas dan bahkan saya silahkan peserta untuk membelinya dikisaran Rp.90,-. Seperti diketahui Aksi Korporasi Right Issue adalah untuk memberi pintu masuk Pemerintah Daerah Banten untuk mengakuisisi Bank Bundi menjadi BPD Banten.

Aksi Korporasi seperti ini sebenarnya adalah hal yang lazim, hanya saja yang jarang terjadi adalah harga Right BEKS ini dibawah harga batas bawah Rp.50,- sehingga mungkin investor  bingung kalau membeli right Rp.18,35 dan ingin menjual sahamnya di pasar Reguler karena minimal adalah Rp.50,-
Namun sebenarnya tidak perlu bingung karena investor bisa saja tetap memasang penawaran jual diharga Rp.50,- bahkan bisa lebih. Selain itu masih ada Pasar Negoisasi yang bisa digunakan perdagangan saham diharga lebih rendah dari Rp.50,-.

Lantas bagaimana menghitung Harga Teoritis saham BEKS ini jika investor membeli  sahamnya saat ini dan nantinya ikut menebus Rightnya dengan harga Rp.18,35 ? Sekedar ilustrasi jika membeli saham BEKS dengan harga terakhir kemarin Rp.111,- per lembar maka dengan Ratio yang ada maka Harga Teoritis adalah (1000 x 111) + (3293 + 18,35)  dibagi 4293 sehingga yang hasilnya kurang lebih Rp.40,- per lembar.

Dengan harga Rp.40,- tersebut investor bisa menjualnya kapan saja dengan harga tentu sesuia selera masing2..hehee.. 
Bagaimana dengan prospeknya saham BEKS setelah menjadi Bank BPD Banten? Bank ini akan mendapat tambahan modal baru yang lebih besar, akan digunakan sebagai bank yang menyimpan uang daerah Pemerintahan Daerah Banten, semua proyek pembangunan yang dibeayai oleh APBD Banten pasti harus melalui BPD Banten.  Dengan tambahan modal baru ini tentu BEKS (yang telah menjadi BPD Banten) akan lebih leluasa eksapansi penyaluran kreditnya serta mengembangkan produk2 perbankan lainnya. Sehingga saya berpendapat prospek BEKS seharusnya  akan lebih baik.

Investor masih ada kesempatan membeli saham BEKS paling lambat tgl.5 Agustus 2016 agar mendapatkan Right guna bisa membeli saham BEKS dengan harga Rp.18,35. ini.  Silahkan masing2 membuat analisa dengan data2 yang ada sehingga ada proses belajar sekaligus memahami suatu Aksi Korporasi dan....siapa tau anda sedang beruntung hahaa.

Salam 

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.